DESIGNED BY DILA
banner kiri.jpg
Print

ODHA Naik 30 Persen

Written by Administrator. Posted in Latest News

SIDOARJO - Tingginya angka kematian orang dengan HIV/AIDS (ODHA) menggerakkan pemerintah untuk menyusun langkah lebih baik. Tahun ini, data terakhir dari Dinas Kesehatan (Dinkes) Sidoarjo menunjukkan, penderita ODHA meningkat sekitar 30 persen.

Win Hendrarso selaku ketua Komisi Penanggulangan AIDS (KPA) Sidoarjo mengatakan, meningkatnya ODHA di Sidoarjo membangkitkan pemerintah untuk terus bergerak memperjuangkan hak mereka. ''ODHA perlu perlindungan dari berbagai pihak," ujarnya.

Win menjelaskan, fenomena di Sidoarjo, banyak ODHA yang dijauhkan dari lingkungannya akibat penyakit yang mereka derita. ''Butuh waktu untuk memberikan pengertian kepada masyarakat," tambah Win.

Dia menegaskan, ODHA itu bukan semata-mata disebabkan sering berganti-ganti pasangan. Penyakit itu bisa karena keturunan dan pengguna narkoba. ''Yang perlu kita jauhi adalah penyakitnya, bukan orangnya," tandasnya.

Win berjanji akan terus memberikan pengertian dan sosialisasi kepada masyarakat agar tidak menjauhi ODHA. Sosialisasi itu akan dilakukan secara terbuka kepada masyarakat, dari pelajar hingga masyarakat umum. (nuq/ib)

TOP