DESIGNED BY DILA
banner kiri.jpg
Print

Mengenal Sosok Ketua CLG Desa Sedarat

Written by Administrator. Posted in Latest News

Pembawaanya kalem dan santai, penampilanya juga tidak jauh berbeda dengan petani kebanyakan, nada bicaranya pelan namun takjarang diselingi dengan canda. Itulah sosok Winarto 53 tahun ketua CLG (Community Learning Group) Desa Sedarat Kec. Balong Kab. Ponorogo. Winarto baru saja terpilih dalam Workshop pembentukan CLG di Sekretariat STAPA Center di Desa Sedarat 20 Juli 2013. Selain dilakukan pemilihan pengurus harian, kegiatan tersebut juga berhasil merumuskan visi dan misi CLG Desa Sedarat. Terwujudnya Kesejahteraan Petani Desa Sedarat dipilih sebagai visi CLG Desa Sedarat, Visi ini akan diwujudkan melalui beberapa Misi yaitu; meningkatkan pengetahuan dan keterampilan dalam bidang pertanian, meningkatkan perekonomian keluarga petani dan mengembangkan kerjasama dengan pemerintah ataupun swasta.

Winarto merupakan putra daerah karena memang asli kelahiran Desa Sedarat, hanya saja semasa remaja ia sempat mengembara untuk mencari pengalaman terutama di bidang pertanian. Winarto menjelajah beberapa daerah di Jawa Timur  hal ini dilakukannya setelah terpaksa putus sekolah, waktu itu Winarto masih di bangku SMP, Keputusan tersebut diambil karena kondisi ekonomi keluarga. Pada tahun 1981 Winarto kembali ke Desa Sedarat dan bekerja membuat anyaman bambu bersama dengan keluarganya.

Kehidupan Winarto memasuki episode baru ketika pada tahun 1981 dia diangkat menjadi perangkat desa, saat itu usianya 35 tahun dan merupakan Perangakat Desa termuda di Desa Sedarat karena Perangkat Desa yang lain rata-rata berusia 50 tahunan. Winarto berposisi sebagai Kaur Pemerintahan kala itu, meskipun demikian karena merupakan Perangkat Desa termuda Winarto terpaksa harus menyelesaikan pekerjaan Perangkat-perangkat desa atau Kaur-Kaur yang lain meskipun bukan merupakan tanggung jawabnya. Dengan pengalaman mengurusi berbagai pekerjaan Perangkat Desa tersebut saat ini Winarto benar-benar merasakan manfaat yang berharga. Keberadaanya baik di Pemerintahan Desa maupun di masyarakat Desa Sedarat sangat dihormati dan sering kali menjadi rujukan dalam menjawab berbagai persoalan yang terjadi di Desa.

Winarto berharap dengan kepemimpinannya di CLG nanti, CLG dapat meningkatkan berbagai pengetahuan dan keterampilan pengurus serta anggota CLG Desa Sedarat. Peningkatan pengetahuan dan keterampilan tersebut meliputi pengetahuan di bidang organisasi dan pertanian. Bagi kalangan ibu-ibu Winarto berharap ada pengembangan wawasan dan keterampilan sehingga dapat menunjang peranya dalam membangun kesejahteraan keluarga. Ketika ditanya tentang apa hambatan utama yang mungkin akan dihadapi oleh CLG, Winarto menjawab” yang saya khawatirkan adalah kemampuan pengurus dalam mengatur waktu sehingga mereka sulit aktif didalam kegiatan-kegiatan CLG, untuk itu kami akan selalu meningkatkan koordinasi antar pengurus dan anggota” jelas Winarto.

Terkait dengan peluang, Winarto menyatakan bahwa banyaknya permasalahan di bidang pertanian merupakan salah satu peluang bagi CLG. Selain itu kuatnya minat dan keinginan ibu-ibu di Desa Sedarat untuk ikut berkiprah dan mengembangkan potensinya dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat di Desa Sedarat harus disambut dan dilihat sebagai peluang untuk memperkuat CLG.

TOP