JAMBORE Pokdarwis Kabupaten Pasuruan 2021

Disparpora Kabupaten Pasuruan : Tak Hanya Menjadi Ajang Perlombaan, Jambore Pokdarwis Juga dijadikan Sebagai Ajang Experience Gathering

Disparpora Kab. Pasuruan menyelenggarakan Jambore Pokdarwis Tingkat Kabupaten Pasuruan Tahun 2021 di Desa Wisata Kampung Mangga. Kegiatan ini dilaksanakan sesuai dengan protokol kesehatan yang berlaku bagi peserta yang mengikuti Jambore maupun yang hadir sebagai tamu undangan.

Giat Jambore Pokdarwis Tingkat Kab. Pasuruan Tahun 2021 merupakan kegiatan pengawasan pada wisata-wisata di Pasuruan. Dalam hal ini, dilakukakan Ajang perlombaan wisata seperti lomba video profile wisata maupun pengelolaan wisata desa.

Kali ini, pelaksanaan kegiatan jambore dilakukakan di Desa Wisata Kampung Mangga, Oro Oro Ombo. Di mulai dengan opening ceremonial, kemudian dilanjutkan dengan acara inti meliputi tampilan atraksi seni dan budaya Kabupaten Pasuruan, penanyangan video wisata desa, sarasehan “Desa bisa”, pembagian penghargaan Pasuruan Ecotourism Award 2021, dan Penutup.

Jambore Pokdarwis selain menjadi ajang lomba juga menjadi wadah untuk bersilahturahmi, berbagi ilmu dan pengalaman antar Pokdarwis serta saling mengetahui potensi – potensi wisata kelompok yang lain, Sehingga mampu membangkitkan pembangunan pariwisata di masing – masing daerahnya.

Dalam pelaksanaannya, peserta Jambore Pokdarwis dapat belajar sekaligus berdiskusi untuk pengembangan wisata. Penyelenggara memfasilitasi peserta (pokdarwis) dalam manual acara sarasehan desa bisa yang di pandu oleh ketua East Java Ecotourism Forum (EJEF). Disinilah peserta sarasehan dapat mengemukakan argument mengenai pengelolaan wisata di desa masing-masing.

Pariwisata merupakan sektor andalan meningkatkan pendapatan perekonomian nasional sehingga kgiatan ini diharapkan mampu memperkaya wawasan bagi Pokdarwis yang sedang merintis dan mengembangkan desa wisata.

“Diharapkan Jambore Pokdarwis ini tidak hanya berkompetensi tetapi juga belajar bersama memperluas jejaring untuk saling mempromosikan wisata di daerah masing – masing, ” Ujar Bapak Hariyono selaku Kepala Desa Oro Oro Ombo Kulon (Kampung Mangga)

Selain untuk membicarakan pengembangan wisata, forum ini juga diharapkan mampu menjadi ajang silaturrahim dan saling bertukar gagasan bagi setiap desa yang sedang merencanakan pengembangan wisata desa.

(Irn)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Categories