Tue. Oct 27th, 2020

Pentingnya Organisasi Petani untuk Kemandirian

Basuni dikenal sebagai salah satu petani yang suka berinovasi. Petani yang dulunya adalah mandor di perhutani ini sebenarnya memiliki wawasan yang cukup luas di dunia pertanian. Dia dikenal sosok yang gigih dalam bekerja. Dia juga menjadi salah satu tokoh di desa yang aktif dalam berbagai kegiatan.

Dia juga terhitung aktif mengikuti setiap kegiatan yang dilaksanakan oleh Stapa Center. Basuni menyadari proses yang dilakukannya bersama Stapa dan petani lain telah banyak memberikan wawasan baru kepadanya. Terutama di pertanian tembakau, Basuni mengharapkan agar para petani Desa Joho dapat menanam tembakau di musim kemarau dengan melakukan inovasi pertanian. Dari pengalaman yang telah didapatkannya, masih jarang petani yang berani menanggung resiko dengan menanam tembakau pada musim kemarau.

Dia berharap agar Stapa Center dapat melanjutkan programnya di Nganjuk dengan lebih memberikan pengarahan seputar pertanian tembakau. Di pengalaman pertamanya menanam tembakau, Basuni berani mengeluarkan biaya besar dan menanggung segala resiko kerugiaannya. Semua itu dilakukannya demi mendapatkan pengetahuan baru di dunia per-tembakau-an. Meski hasilnya kurang memuaskan, terdapat pelajaran yang bisa diambilnya dari proses bertani tembakau. Hal tersebut dijadikannya modal untuk kembali menanam tembakau di tahun depan.

Secara pribadi, Basuni mengucapkan banyak terima kasih kepada Stapa Center yang telah memberikan pemberdayaan kepada petani di Desa Joho. Dirinya mengaku mendapatkan banyak pengetahuan dan pengalaman baru dari berbagai kegiatan yang dilakukannya bersama Stapa termasuk diberangkatkan mengikuti pelatihan manajemen organisasi di Trawas.

Selain itu, dia pun memahami pentingnya keberadaan organisasi untuk para petani. Organisasi yang dia maksudkan bukan sekedar menjadi ajang berkumpul para petani, namun lebih dapat memberikan kontribusi untuk kesejahteraan dan kemandirian para petani. Dia pun kini diberikan kepercayaan untuk menjadi ketua keterwakilan komunitas petani desa joho. Basuni mengharapkan ke depan Stapa dapat mengawal proses perjalanan organisasi tani Desa Joho, agar organisasi yang telah dibuat tidak berhenti dan sia-sia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Categories