Mon. Jan 20th, 2020

Memperjuangkan Kepentingan Petani di Tingkat Desa

Sebagai salah satu perangkat dusun, Maryoto memang dikenal sebagai sosok yang jujur dan tegas kepada warganya. Dia juga dikenal sebagai salah satu orang yang gigih memperjuangkan kepentingan petani di tingkat desa. Hal ini didasarkannya akan pentingnya peran petani di tengah masyarakat.

Maryoto juga dikenal sebagai orang yang senang dengan inovasi. Dia pun berani menghadapi segala resiko demi pengetahuan baru yang belum pernah didapatkannya. Dia menjadi salah satu inisiator pembuatan pupuk organik di dusun sumbermuneng. Berkat dirinya, masyarakat dusun sumbermuneng kini mengetahui pentingnya penggunaan pupuk organik untuk menggarap lahan sawah.

Dalam melakukan setiap kegiatan dari Stapa Center, Maryoto pun sangat aktif. Dirinya memberikan apresiasi positif atas program pemberdayaan petani yang dilakukan Stapa Center di wilayah Nganjuk. Hal ini dikarenakan dirinya sangat menyadari minimnya program pemberdayaan untuk petani dari pemerintah desa. Tokoh desa yang juga menjadi petani ini mengaku sangat terbuka dengan pihak lain dari luar desa yang memberikan program pemberdayaan demi kesejahteraan dan kemajuan petani.

Selain aktif di kegiatan desa, Maryoto juga aktif di organisasi tani tingkat dusun. Ketika Stapa Center pertama kali datang menawarkan kerja sama program, Maryoto sangat senang dan mengapresiasi kerja sama tersebut. Atas bantuan pemberdayaan yang telah dilakukan Stapa, secara pribadi Maryoto mengucapkan banyak terima kasih. Dia pun sangat mengharapkan diadakannya program lanjutan untuk mengawal organisasi tani yang telah dibentuk bersama.

Dirinya yang kini diberi kepercayaan untuk menjadi divisi pengembangan usaha organisasi CLG (Community Learning Group) Nganjuk, sangat mengharapkan bimbingan lanjutan dari Stapa dalam membuat program pengembangan usaha pertanian. Dirinya pun mengakui minimnya pengetahuan tentang dunia usaha pertanian. Sebagai petani, dirinya lebih banyak berkecimpung dalam produksi komoditas pertanian. Sementara untuk pengembangan usaha pertanian, dirinya masih belum begitu memahami.

Ke depan, Maryoto sangat mengharapkan organisasi CLG Nganjuk yang telah dibentuk bersama Stapa Center dan petani lainnya mampu memberikan kontribusi lebih pada desa, khususnya pada petani. Dengan diberikannya program lanjutan tersebut, Maryoto juga berharap pemerintah desa mampu melakukan sinergi dengan petani dalam memajukan desa joho.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Categories