Wed. Oct 28th, 2020

Bimtek Pengembangan Desa Wisata Berbasis Masyarakat di Desa Cendono

P2KTD (Penyedia Pelayanan Kapasitas Teknis Desa) Stapa Center bersama TPID (Tim Pengembangan Inovasi Desa) mengadakan kegiatan “Bimtek Pengembangan Desa Wisata Berbasis Masyarakat” di Desa Cendono Kecamatan Purwosari

Kegiatan berlangsung pada Kamis 02 Januari 2019 bertempat di Balai Desa Cendono mulai pukul 13.00 – 16.00 wib. Dihadiri oleh Bapak Camat Purwosari, Kepala Desa, Tim Inovasi Kabupaten (TIK), dan sekitar 40 orang dari Bumdes, Pokdarwis, PKK, Karang Taruna, dan BPD Desa Cendono.   

Bimtek ini adalah untuk mempertemukan visi dan komitmen bersama antar Stakeholder yang ada di desa sebagai dukungan untuk pengembangan wisata yang ada di desa, seperti sambutan  yang disampaikan Kepala Desa Cendono, “Kami merintis desa wisata cendono jika tanpa dukungan semua pihak tidak akan berhasil, dan hari ini desa kami sudah mulai dikenal di Jawa Timur. Kami berharap untuk terus dibantu dan didampingi terutama para penggerak pokdarwis”

Senada dengan itu, Agus Rohmatulloh dari Stapa Center selaku P2KTD menyampaikan “Besar harapan kami Desa Wisata yang ada di desa Cendono bisa semakin dikenal, karena memang desa wisata harus berdasarkan peran partisipasi masyarakat secara langsung, jadi peran pokdarwis sangat dibutuhkan. Dengan adanya Sumber Daya Alam dan diimbangi dengan Sumber Daya Manusia dari Desa Cendono bisa lebih ditingkatkan lagi. Kami P2KTD akan memfasilitasi kedepan pengelolaan Desa Wisata Cendono bisa lebih baik lagi, di forum ini coba kita gali”.

Inti dari kegiatan ini adalah forum diskusi lebih teknis yang difasilitasi oleh Jauharul Lutfi dari Stapa Center, untuk mengeksplore langsung ide serta harapan  dari para pelaku sadar wisata yang ada di desa seperti Pokdarwis, PKK, Karang Taruna, dan BPD. Berupa analisa potensi, baik dari sisi Sumber daya alam dan Sumber Daya Manusia atau aktor pendukung yang ada, serta dukungan dari pemerintah desa sejauh ini seperti apa. Untuk nantinya akan menjadi bahan dalam pengelolaan manajemen wisata yang lebih baik kedepan. (ans)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Categories