STAPA Center Gelar Sosialisasi Program CLG

Malam itu suasana Balai Desa Jatisari Kecamatan Tempeh Lumajang nampak ramai, tidak seperti hari-hari biasanya, teryata STAPA Center sedang mengadakan kegiatan sosialisasi program CLG (Comunity Learning Group) di Balaidesa tersebut.  Sosialisasi dilaksanakan pada hari senin, 11 Juni 2012, dimulai pukul 19.30 WIB. dan selesai padah pukul 21.30 WIB. Sosialisasi tersebut diikuti oleh tidak kurang dari 47 orang peserta dari 4 dusun di Desa Jatisari Kecamatan Tempeh yaitu Dusun Karang Tengah, Dusun Cerme Kulon, Dusun Cerme Wetan dan Dusun Krajan.

Hadir dalam kegiatan sosialisasi tersebut Direktur STAPA Center Zainul Faizin HM., Kades Jatisari Harjanto, Camat Tempeh Drs. Agus Triono, Kasi Usaha Tani Kantor Perkebunan Lumajang Ir. Timbang, MM. dan Kasi Perdagangan Dinas Pertanian Lumajang Dony Armanto, MP. Mereka secara bergiliran menyampaikan sambutan dan materi sosialisasi. Para peserta sosialisasi merespon dengan berbagai pertanyaan seputar program CLG.

Zainul Faizin Direktur STAPA Center menyampaikan bahwa tujuan umum dari program CLG (Comunity Learning Group) atau Kelompok Belajar Masyarakat adalah meningkatnya kesejahteraan petani tembakau di lokasi program. “Selain di Desa Jatisari Kabupaten Lumajang, Program CLG juga dilaksanakan di 5 Kabupaten lain di Jawa Timur yaitu Kabuapaten Jember, Kabupaten Probolinggo, Kabupaten Jombang, Kabupaten Nganjuk dan Kabupaten Pamekasan.” ujar Faizin. Dia menambahkan bahwa, Program CLG akan berlangsung mulai bulan Mei 2012 hingga bulan Desember 2012 dan tidak hanya akan menyentuh laki-laki saja tetapi juga kelompok perempuan.

Dalam sambutannya, semua pejabat yang datang menyampaikan dukungannya terhadap pelaksanaan program CLG di Desa Jatisari. Mereka menekankan kepada masyarakat Jatisari, agar betul-betul memanfaatkan adanya program CLG, dengan aktif mengikuti kegiatan-kegiatan didalamnya. Camat Tempeh Drs. Agus Triono menerangkan, bahwa masyarakat Jatisari jangan berharap akan langsung diberikan uang atau bantuan materi lainya dari program ini, tetapi masyarakat petani tembakau Desa Jatisari akan diajari bagaimana meningkatkan penghasilan dan bagaimana mengelola penghasilan tersebut.(JL)(zaki)

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Categories